Fakta Menarik Seputar Pensil



Fakta Menarik Seputar Pensil [ www.BlogApaAja.com ]

Sebatang pensil punya banyak cerita.Tidak hanya sebagai alat tulis saat ujian atau alat gambar paling lazimdikenal, namun banyak lagi.

Nah, berikut ini beberapa fakta menariksoal pensil.

1. Setiap tahun diproduksi 14 miliar batangpensil di seluruh dunia. Yang terbanyak di Amerika Serikat (2 miliar batang).Jika semua pensil itu digunakan untuk membuat garis, akan tercipta 64 gariskeliling dunia.

2. Satu batang pensil bisa menulis 40ribu kata atau setara dengan garis sepanjang 35 mil.

3. Awalnya pensil dipakai untuk menandaikambing. Sifat graphite (bahan dasar pensil) yang lunak membuat para peternakmudah menorehkan marka di kulit kambing.

4. Pensil pertama kali diciptakan pada tahun1565 di Inggris, tetapi baru seabad kemudian diproduksi secara massal diJerman.

5. Pada 30 Maret 1858, manusia menciptakanpenghapus. Sebagian besar pensil Eropa tidak menggunakan penghapus dipantatnya. Tidak seperti pensil di Amerika yang menggunakan penghapus.

6. Setiap batang pohon dengan ukuran rata-rataakan menghasilkan 170 ribu batang pensil.

7. Pensil terbesar dibuat oleh AshritaFurman di New York. Panjangnya 23 m, berat 10 ton, dan harganya AS$ 20 ribu.

8. Pensil diberi warna cerah agar mudahditemukan. Pensil kini berbentuk heksagonal (bukan bulat) agar tidakmenggelinding di bidang datar.

9. Peraut pensil pertama kali dibuat dandipatenkan oleh matematikawan asal Prancis, Bernard Lassimone, pada tahun 1828.Sebelumnya orang meraut pensil menggunakan pisau.


Follow On Twitter