Misteri Ular Di Tangan Ratu Elizabeth



Misteri Ular Di Tangan Ratu Elizabeth [ www.BlogApaAja.com ]

Gambar ularmisterius yang melingkar muncul dalam lukisan abad ke-16 yang menggambarkanRatu Elizabeth I, demikian disampaikan National Portrait Gallery di London.Menurut para peneliti, ular itu dalam versi aslinya digambarkan sedangmelingkar di jari-jari ratu. Namun gambar ular tersebut sepertinya dianggapkurang cocok sehingga oleh pelukisnya di menit terakhir diganti dengan lukisanseikat mawar.

Kini, setelah bertahun-tahun kemudian, sangular muncul lagi karena lukisan termakan umur dan memudarkan gambar bungamawarnya. Adapun lukisan ini diciptakan oleh seniman yang tidak dikenal padatahun 1580-an atau awal 1590-an. Lukisan ini belum dipajang di galeri Londonsejak 1921 tapi akan menjadi bagian sebuah pameran bertema The Changing Faces of Elizabeth I, dari 13 Maret 26 September.

Misteri Ular Di Tangan Ratu Elizabeth [ www.BlogApaAja.com ]

Menurut kurator gallery, seekor ularkadang-kadang digunakan untuk melambangkan kearifan, kebijaksanaan dankekuasaan penghakiman, tetapi makhluk-makhluk bersisik itu juga dikaitkandengan simbol setan dan dosa asal. Nah, pelukis mungkin menghapus lambang ularkarena alasan dua pengertian berbeda itu. Ular yang ada dalam genggaman Ratuberwarna hitam tetapi memiliki sisik biru kehijauan dan hampir pasti dilukisberdasar imajinasi karena lebih mirip naga daripada ular sebenarnya.

Dalam pemotretan sinar-X ditemukan juga wajahwanita lain yang identitasnya tidak diketahui. Wajah perempuan tak dikenal itumenghadap ke arah yang berlawanan dan dalam posisi yang lebih tinggi daripadawajah ratu. Mata dan hidung di wajahnya tertutup oleh dahi Ratu Elizabeth.

Galeri foto yakin wajah perempuan itu adalahlukisan awal karya pelukis berbeda yang ditutup dengan lukisan wajah Ratu. Haltersebut menunjukkan bagaimana lukisan abad ke-16 kadang-kadang didaur ulangoleh seniman. Wanita yang tak dikenal itu tampak mengenakan kerudung Prancis,dengan pakaian bergaya tahun 1570-1580-an. Artinya ada selang waktu beberapatahun sebelum lukisan itu kembali didaur ulang untuk melukis potret Elizabeth.


Follow On Twitter